Bedah Buku Muslimah itu Cantik

book, pages, chapters-1283865.jpg

ppiistanbul.com- 02/05/2020, 08.00 (GMT+3)

penulis:Sabita Hasna| editor: Hamdy

ISTANBUL, PPIISTANBUL.COM –, 02 Mei 2020, Keputrian Istanbul kembali mengadakan acara yaitu Bedah Buku “Muslimah Itu Cantik” bersama penulis aslinya, Annisa Azzahra. Dikarenakan kondisi sekarang yang tidak memungkinkan untuk bertatap muka secara langsung, acara diselenggarakan melalui aplikasi zoom. Acara yang dimulai dan berakhir pada pukul 14.20 – 15.30 TRT pun dibuka dengan moderator membacakan profil penulis.

Annisa Azzahra ( Delis Megalani ) wanita berkelahiran 1986 yang sedang menempuh pendidikan di Ibn Khaldun University, Turkey, ini sebelumnya sempat bergerak di bidang entertainment seperti menjadi bintang video klip juga film pendek. Buku pertamanya “Muslimah Itu Cantik” diterbitkan melalui Elexmedia Gramedia pada Juni 2015.

Setelah memperkenalkan diri kemudian beliau bercerita tentan latar belakang dari penulisan bukunya. Seiring mulai masuknya virus drama korea ke Indonesia, bermunculan promosi operasi plastik serta perawatan-perawatan kecantikan yang makin kesini malah tidak sesuai dengan syariat islam. Disini penulis ingin menyampaikan bahwasannya Islam adalah agama yang sangat lengkap yang dapat memenuhi kebutuhan kita sebagai muslimah.

Masuk kepokok pembahasan, terdapat 3 hal utama yang dibahas. Bahasan pertama adalah poin-poin cantik menurut islam. Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya Allah swt tidak melihat bentuk tubuhmu begitu pula rupamu tetapi Allah melihat hatimu” HR.Muslim. Berdasarkan hadist tersebut definisi cantik yang disukai Allah adalah wanita yang berhati mulia.

Berdasarkan hadist tersebut pula dapat ditarik sebuah kriteria cantik menurut islam yaitu, selalu menutup aurat, melakukan ibadah wajib dan sunnah, suka berdzikir, bergaul dengan orang-orang shaleh, selalu merasa diawasi oleh Allah, dapat mengendalikan hawa nafsu dan tidak ketinggalan bahwa wanita cantik itu harus berilmu dan bermanfaat bagi orang lain.

Pokok bahasan yang kedua, bertemakan Islam itu cantik. Pada pembahasan ini narasumber menerangkan tentang Manfaat-manfaat dari segala yang Allah perintahkan kepada kita ternyata berdampak untuk kesehatan dan kecantikan. contohnya wudhu, saat kita berwudhu, sel-sel mati dikulit akan ikut terbawa bersama kotoran. Hal ini menyebabkan regenerasi sel-sel kulit sehingga kita tampak awet muda. Kemudian ada keajaiban dibalik gerak dalam sholat, hikmah puasa di bidang kesehatan, dan juga menggunakan jilbab.

Tidak banyak yang mengetahui bahwasannya menggunakan jilbab dapat melindungi wanita dari proses penuaan, karena jilbab melindungi kepala dari efek buruk sinar matahari yang dapat merusak jaringan kolagen dan elastin yang berperan penting dalam menjaga keindahan dan kelenturan kulit.

Pokok bahasan yang terakhir adalah tentang makanan dan terapi cantik yang tercantum dalam al-Qur’an dan Hadist. Madu, minyak zaitun serta habbatussauda menjadi makanan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh sang pengaran buku Muslimah itu cantik. Untuk terapi kecantikan beliau menyarankan bekam karena bekam dapat membuang darah kotor dan memperlancar peredaran darah. Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab dimana terdapat 4 orang yang mengajukan pertanyaannya  ke narasumber.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *