Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Istanbul

indonesia, national, emblem-1573943.jpg
foto diambil dari KJRI Istanbul

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2020. KJRI Istanbul menyelenggarakan Upacara yang bertempat di ruang serba guna KJRI. Upacara dipimpin oleh Konjen Imam As’ari yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dan diikuti oleh pejabat dan staf KJRI Istanbul serta Perwakilan DWP KJRI Istanbul. Turut hadir juga PPI Istanbul yang diwakili oleh ketua, wakil dan sekretaris PPI Istanbul. Upacara berlangsung khidmat, terbatas dan memperhatikan protocol Kesehatan covid-19

1 Oktober merupakan hari Kesaktian Pancasila yang dilakukan sehari setelah peristiwa G30S/PKI 1965. Dikutip dari detik.com Hari kesaktian Pancasila sendiri diatur dalam surat keputusan Menteri/Panglima Angkatan darat, tanggal 17 September 1966 (Kep 977/9/1996) Dalam surat tersebut, peringatan 1 Oktober Hari Kesaktian Pancasila harus dilakukan TNI Angkatan Darat. Selanjutnya ada usul dari Menteri/Angkatan Kepolisian terkait peringatan Kesaktian Pancasila.

Dengan usul tersebut, akhirnya keluar Keputusan Menteri Utama Bidang Pertahanan dan Keamanan Jenderal Soeharto (Kep/B/134/1966). Surat tertanggal 29 September 1966 memerintahkan, peringatan 1 Oktober Hari Kesaktian Pancasila dilakukan seluruh slagorde (jajaran) angkatan bersenjata dengan mengikutkan masyarakat.

Berbekal surat tersebut, upacara 1 Oktober Hari Kesaktian Pancasila dilakukan seluruh komponen masyarakat tanpa kecuali selama Orde Baru. Selanjutnya, peringatan 1 Oktober Hari Kesaktian Pancasila terus dilakukan hingga saat ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *