Penundaan Kegiatan PPI Istanbul Untuk Mencegah Penyebaran COVID-19

corona, spray, earth-5002341.jpg

ppiistanbul.com- 17/03/2020, 20.00 (GMT+3)

penulis: Hamalsa | editor: Hamdy

ISTANBUL, PPIISTANBUL.COM – . Selasa (17/03) Semenjak ditemukan pertama kali di Wuhan, China, Virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19 terus menyebar hingga kini COVID-19 dinyatakan sebagai pandemik oleh WHO. Dimana pandemik sendiri berarti sebuah penyakit yang telah menyebar luas disuatu daerah, benua, bahkan dunia. Dari data yang diambil di WHO kini sudah mewabah hampir di seluruh dunia dan hanya beberapa negara di benua Afrika yang belum terkena dampaknya.

melihat hal itu, kebanyakan negara di dunia mulai bergerak untuk mencegah penyebaran virus corona. Pasalnya virus ini menyebar dapat melalui kontak dengan  orang yang terinfeksi  maupun melalui udara . Sehingga pencegahan penyebarannya cukup serius.

foto maps penyebaran COVID-19 yang di ambil dari web CDC.gov

Untuk itu baik WHO maupun otoritas setempat melarang adanya acara atau kegiatan yang dapat mengumpulkan masa dalam satu area. Kegiatan yang melibatkan masa dipandang akan meningkatkan resiko penyebaran virus corona .

Menanggapi  penyebaran COVID-19  yang semakin mengkhawatirkan ,  Adib Lutfi selaku ketua PPI Istanbul 2020 memutuskan menunda seluruh agenda serta acara PPI Istanbul selama 3 minggu. Keputusan ini diambil setelah menimbang peraturan yang telah dikeluarkan Pemerintah Turki dan juga himbau dari WHO.

Pemerintah Turki tidak ketinggalan untuk mengeluarkan beberapa peraturan yang bertujuan mencegah penyebaran COVID-19. Peraturan yang dikeluarkan berisi  himbauan untuk menjaga kesehatan , pelarangan acara yang mengumpulkan masa serta penutupan tempat berkumpul seperti tempat pariwisata,tempat perbelanjaan dan sarana olahraga.

izu.edu.tr

foto gedung olahraga IZU yang direncanakan sebegai tempat berlangsungnya Liga Pelajar PPI Istanbul

Acara Liga Pelajar PPI Istanbul menjadi salah satu acara yang harus ditunda. Perhelatan ini dijadwalkan bergulir pada tanggal 14 dan 15 maret dan dilaksanakan di gedung olahraga IZU. Selain Liga Pelajar, masih banyak acara yang dijadwalkan berlangsung pada waktu dekat namun ditunda.

Penundaan ini dapat berdampak pada berubahnya jadwal program yang telah ditetapkan namun demikian diharapkan anggota Pelajar yang berdomisili Istanbul untuk tidak panik terhadap penyebaran COVID-19 maupun penundaan kegiatan PPI Istanbul serta menjaga kesehatan masing-masing.

PPI Istanbul sendiri telah menyiapkan langkah berkaitan dengan penundaan kegiatan selama 3 minggu,dengan langkah tersebut diharapkan tidak akan terjadi masalah dalam kegiatan kedepan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *